Kamis, 25 Agustus 2011

Gemenskaf fondation telah mati suri


GEMENSKAF FONDATION TELAH MATI SURI
Apa itu gemeinschaft?
Gemeinscahaft. Adalah komunitas, atau persekutuan/Paguyuban
Apa itu foundation?
Foundation adalah Dasar/Landasan/Yayasan.
Gemeinsachaft Foundation. Dasar perseketuan.
Istilah ini dipakai oleh GMKI oleh  karena GMKI sejak pembentukannya dikatakan sebagai gemeinschaf  atau persekutuan.
Mengapa  lembaga kewirausahaan Cabang GMKI Kupang menggunakan istilah ini?
Sejarah Gemeinsaft muncul dari salah satu inti strategi kebijakan cabang yakni optimalisasi fungsi kewirausahaan, yang diputuskan pada ruang  konfrensi cabang.(GBPKC) yang diderivasi oleh oleh ketua cabang dalam bentuk inti strategi dan kebijakan badan pengurus cabang masa bhakti 2008-2010, lalu diterjemahkan oleh ketua bidang organisasi dalam bentuk pokok-pokok pikiran ketua bidang Organisasi dalam ruang Sidang Pleno I Badan Pengurus Cabang GMKI-Kupang pada 24-28 November 2008 di gereja elim bolok, kemudian ditindak lanjuti dalam program dan kegiatan yang dibuat oleh sekfung kewirausahaan dan diputuskan sebagai program dan kegiatan Badan Pengurus Cabang. Dari perjalanan panjang menuju kemandirian ini, maka pada tanggal 5 maret 2009 bertempat di durian 4b, digelar diskusi thematic berkaitan dengan bagaimana membangun gagasan aksi kewirausahaan yang kuat. Dari diskusi tersebut, terjadi kesepakatan dilingkup BPC untuk mendirikan sebuah lembaga wirausaha yang handal, maka melalui diskusi tersebut disepakati untuk menugaskan 4 orang senior untuk merumuskan konsepnya untuk dipresentasikan pada ruang siding pleno II BPC GMKI-Kupang empat orang senior tersebut adalah, bung daud amarato, sp,mp, bung Wilson terik, se,ms.i, bung umbu p.l dawa,ms.c dan usi dewi sombu,se. namun karena berbagai kesibukan, maka senior yang terlibat dalam merancang system kewirausahaan tersebut adalah bung daud amarato dan bung Wilson Terik. Dari hasil rancangan tersebut, maka bidang kewirausahaan melakukan kajian untuk memadukan konsep-konsep tersebut, menjadi konsep baku pengembangan kewirausahaan GMKI, kemudian pada tanggal 26 November 2009 Badan Pengurus Cabang membentuk lembaga kewirausahaan GMKI-kupang  dengan nama Gemeinscahaft Foundation.
Kepemimpinan gemeinscaft foundation
Direktur pertama adalah usi oktavina djarabale, namun karena ia diangkat menjadi PNS di kabupaten TTU maka digantikan oleh staf sekfung kewirausahaan yakni bung Wilson sanam. Anggota yang diperbantukan untuk mengurus gemeinscaft foundation adalah. Imel tule, ona manubey, desri lopo, mega neolaka, agustina kappa, yanto pandu, dens masneno, miranti gawila.
Gerakan alternative menuju kemandirian GMKI.
GEMENSKAF FONDATION sebuah nama yang tak asing lagi bagi anggota GMKI Cabang Kupang lembaga ini adalah lembaga wira usaha yang dibentuk oleh BPC GMKI Kupang untuk dapat menopang program dan kerja Badan Pengurus Cabang GMKI Kupang dalm hal financial yang di nahkodai oleh Bung Wilson Sanam sebagai Direktur Utama dan Usi Desri Lopo sebagai Wakil Direktur. demi untuk menopang keuangan Cabang dalam melaksanakan aktivitasnya.
Kami selaku anggota melihat ini sebagai sebuah langkah maju yang dibuat oleh Badan Pengurus Cabang pada masa itu dibawah tanggung jawab Bung Ebets L. Masu sebagai Ketua Cabang dan Bung Fredi Raileki sebagai Sekretaris Cabang dimana menurut kami lembaga ini akan sangat berguna untuk bagaimana GMKI dapat manjalankan kerja – kerjanya tanpa harus terlalu terbeban dengan masalah – masalah yang berkaitan dengan keuangan dan juga menurut kami lembaga ini akan menjauhkan GMKI dari pandangan buruk yang melekat pada tubuh GMKI yakni Pengemis Intelektual.
Namun ironisnya dalam perjalanan ternyata LBC ini tidak berjalan secara maksimal, bahkan bisa dikatakan bahwa LBC ini berada pada kondisi yang stagnan, hal ini membuat kami berpikir bahwa Badan Pengurus Cabang hanya mampu membentuk LBC yang baru tapi tidak mampu untuk mengelola secara baik lembaga yang dibentuk, hal ini diperparah lagi karena Badan Pengurus Cabang yang harusnya melakukan fungsi evaluasi terhadap lembaga ini pada sidang – sidang terdekat pada tingkat Cabang tidak dilakukan sama sekali. Dan hingga sekarang ini kami mencoba untuk melihat satu kepincangan lain lagi yang terjadi pada lembaga ini, dimana menurut amatan kami Badan Pengurus Cabang Masa Bhakti ini sedang mendesain sebuah rencana baru untuk kemudian perlahan menghilangkan jejak lembaga ini dan pada akhirnya lembaga ini akan samapai pada titik dimana ia bisa dikatakan MATI SURI!!!!!!!!!
Bertolak dari penyataan kami diatas maka dengan ini kami selaku anggota meminta pertanggungjawaban Badan Pengurus Cabang terkait dengan kondisi ini, dimana LBC ini tidak beroperasi secara baik seperti yang kita inginkan bersama, hal berikut yang inign kami sampaikan adalah kami butuh ketegasan BPC terhadap laju perkembangan lembaga ini ( BPC melakukan fungsi sebagai pengefaluasi terhadap GEMENSKAF FONDATION pada sidang terdekat ).
Cukub singkat apa yang kami sampaikan ini, namun harapan kami sebagai anggota yang memandatkan Badan Pengurus Cabang untuk menjalankan tugas yang telah kita rancang bersama bahwa apa yang kami sampaikan ini kiranya dapat ditanggapi dan disikapi secara baik untuk kemudian direalisasikan (KAMI TIDAK BUTUH KONSEP, KAMI BUTUH BUKTI) demi untuk kebaikan kita bersama dalam proses kita ber-GMKI.
Teriring Salam dan Doa Tulus Kami      :
 Ut Omnes Unum Sint

Tidak ada komentar:

Posting Komentar